Jumat, 08 Mei 2009

PEMBELAJARAN GEOMETRI

PERSOALAN MENDASAR PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI
1. Pemahaman tentang konsep-kosep dasar geometri.
a. Sudut sebagai himpunan titik-titik.
b. Segitiga sebagai himpunan titik-titik.
c. Jajar-genjang sebagai himpunan titik-titik.
d. Kubus sebagai himpunan titik-titik
2. Pemahaman tentang relasi antara obyek-obyek geometri.
a. Relasi antara titik dan lingkaran
b. Relasi antara garis dan garis.
c. Relasi antara garis dan kubus

3. Pemahaman tentang operasi antara obyek-obyek geometri.
a. Operasi antara garis dan garis
b. Operasi antara garis dan garis lengkung (kurva).
c. Operasi antara kurva dan kurva.
d. Operasi antara garis dan kubus

4. Mencampur-aduk antara obyek geometri dan obyek fisik.
Perhatikan kerancuan pernyataan-pernyataan berikut ini.
a. Kubus memiliki 8 buah pojok.
b. Keliling lingkaran 154 m.
c. Luas persegi panjang 2 m2.
d. Titik-titik A, B, dan C tak segaris. Ruas garis AB sama dengan ruas garis BC.
e. Memindahkan titik 5 satuan ke kanan, 3 satuan ke atas.

5. Mencampur-aduk antara obyek geometri dan obyek aljabar
Perhatikan kerancuan pernyataan-pernyataan berikut ini.
a. y = 2x + 3, dengan x, y R, merupakan garis lurus.
b. y = 2x + 5 dan 2y – 4x + 10 = 0, merupakan 2 garis sejajar.
c. (2,3) merupakan titik yang tak terletak pada y^2 = 4x.

6. Mencampur-aduk antara relasi obyek geometri dan obyek fisik
a. Titik P berada di sebelah kanan garis l.
b. Titik Q berada di luar lingkaran.
c. Parabola y = 2x^2 – 4, membuka ke atas.

7. Mencampur-aduk antara relasi obyek geometri dan relasi obyek aljabar.
a. Titik P(2,3) memenuhi persamaan y = 2x – 1.
b. (3,4) tak terletak pada persamaan y = 2x.
c. y = 2x + 5 memotong y = -x + 4.

MASALAH PENELITIAN PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI
1. HASIL BELAJAR
a. Bagaimana meningkatkan hasil belajar
b. Kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran geometri masih rendah
c. Kemampuan penalaran siswa pada pembelajaran geometri masih rendah.
2. KEMAMPUAN KERUANGAN
a. Kemampuan keruangan siswa pada pembelajaran matematika masih rendah.
b. Kemampuan keruangan siswa
3. PENDEKATAN PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
4. KREATIVITAS

0 komentar:

 
©  free template by Blogspot tutorial